Para pengajar di Indonesia yang saya banggakan, bagi anda yang kesulitan untuk membuat Lembar Penilaian Observasi Sikap Spiritual pada Kurikulum 2013 silahkan mengkopi form Lembar Penilaian Observasi Sikap Spiritual Kurikulum 2013 di bawah ini untuk menilai Sikap Spiritual anak-anak didik anda.
Form ini sangat memudahkan anda untuk menilai para anak didik anda, sehingga anda dapat menilai sikap anak-anak didik anda dengan maksimal, sehingga tercapailah anak-anak didik yang cerdas dan baik budi pekertinya
LEMBAR OBSERVASI SIKAP
SPIRITUAL
Nama Peserta Didik : ..............................................................
Kelas : ..............................................................
Tanggal Pengamatan : ..............................................................
Materi Pokok : ..............................................................
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan
ibadah tepat waktu
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
1. Keterangan
Skor 4 : Selalu
Skor 3 : Sering
Skor 2 : Kadang-kadang
Skor 1 : Tidak
Pernah
2. Cara
Menghitung Nilai
N = Nilai
N = Jumlah Perolehan Skor X 4
Jumlah Skor Maximal
Adapun cara penggunaan ataupun pengisian dari lembar Observasi Sikap Spiritual ini adalah sebagai berikut ( ini hanya contoh):
LEMBAR OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Nama Peserta Didik : Budiman
Kelas : X.MIPA.1
Tanggal Pengamatan : 10 September 2014
Materi Pokok : Meningkatkan Keimana Kepada Allah SWT.
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| ||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
v
| |||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
v
| |||
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
v
| |||
4
|
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
v
| |||
5
|
Melaksanakan ibadah tepat waktu
|
v
| |||
Jumlah Skor
|
6
|
6
| |||
Jumlah Skor
|
12
|
1. Keterangan
Skor 4 : Selalu
Skor 3 : Sering
Skor 2 : Kadang-kadang
Skor 1 : Tidak Pernah
2. Cara Menghitung Nilai
N = Nilai
N = Jumlah Perolehan Skor X 4
Jumlah Skor Maximal
Jadi nilai yang di peroleh oleh Budiman adalah:
Di ketahui :
- Jumlah Perolehan Skor : 6+6 = 12
- Jumlah Skor Maksimal : 5 x 4 = 20
- Nilai maksimal Kurikulum 2013 : 4
Jadi cara menghitungnya adalah:
N = 12 x 4
20
N= 2,40